Perbedaan Arabika vs Robusta, Manakah Kopi yang Lebih Enak?

Perbedaan Arabika vs Robusta Manakah Kopi yang Lebih Enak

Indonesia merupakan daerah penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia. Iklim tropis dan kondisi geografis Indonesia sangat cocok bagi pertumbuhan tanaman kopi. Umumnya kopi tumbuh dengan baik di wilayah dataran tinggi. Oleh karena itu, kopi Indonesia bisa menghasilkan kopi dalam jumlah yang besar.

Kopi dari Indonesia pun diakui dunia sebagai kopi dengan kualitas terbaik. Kita patut bangga akan hal tersebut. Banyak para perusahaan-perusahaan besar di luar negeri mengincar kopi dari Indonesia karena kualitasnya tersebut. Harga pasaran kopi di dunia pun cukup tinggi, mengingat banyak sekali peminatnya.

Berbicara tentang kopi, bagi pecintanya pasti sudah mengetahui 2 jenis kopi, yaitu arabika dan robusta. Kedua jenis kopi tersebut, semuanya bisa tumbuh dengan baik di Indonesia, bahkan cukup melimpah di Indonesia. Lantas manakah jenis kopi yang lebih enak?

Mengetahui Kopi yang Lebih Enak antara Arabika & Robusta

Sejatinya antara kopi Arabika & Robusta, tidak ada yang lebih enak. Semua kopi enak rasanya,  tergantung dari selera penikmatnya. Ditinjau dari rasa dan aroma, berikut adalah penjelasannya.

1. Rasa Kopi Arabika & Robusta

Kopi Arabika memiliki rasa yang lebih manis dan cenderung masam dibandingkan dengan kopi Robusta. Ini dikarenakan kopi Arabika memiliki kandungan gula lebih tinggi 2x lipat dibanding kopi Robusta. Selain itu, kopi Arabica juga memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi.

Karena perbedaan tingkat kemanisan atau sweetness tersebut, kopi Arabika lebih sering dinikmati murni tanpa tambahan apapun. Sebaliknya, kopi Robusta lebih sering diolah lebih lanjut menjadi espresso dan disajikan dengan campuran susu ataupun gula agar lebih manis.

Setelah diolah tersebut, kopi Robusta memiliki rasa lebih manis dan mudah diterima oleh banyak orang akibat adanya gula dan susu. Sedangkan kopi Arabika lebih sering dinikmati oleh orang-orang yang senang dengan kopi murni dan kopi yang tidak terlalu manis.

2. Aroma Kopi Arabika & Robusta

Aroma kopi Arabika lebih cenderung mirip dengan aroma buah-buahan. Sedangkan kopi Robusta lebih mirip dengan aroma kacang-kacangan.

Aroma kopi Arabika juga lebih menyengat dan terasa dibandingkan dengan kopi Robusta. Orang-orang yang menikmati kopi Arabika umumnya memang pecinta kopi kelas tinggi.

Nah, bagaimana? Apakah kalian lebih suka Arabika atau Robusta? Semua kopi rasanya enak tergantung dari siapa penikmatnya. Perihal harga, kopi Arabika memang lebih mahal dibanding Robusta. Bisa dibilang kopi Arabika merupakan kopi yang eksklusif.

Perbedaan harga tersebut dikarenakan kopi Arabika yang lebih sulit ditanam dan dibudidayakan dibanding kopi Robusta. Kopi Arabika memerlukan suhu yang lembab dan tidak bisa berada di cuaca yang panas. Sedangkan, kopi Robusta bisa hidup dengan baik pada cuaca panas sekalipun.