Penjualan Di Whatsapp Menurun? Lakukan Strategi Ini

Penjualan Di Whatsapp Menurun Lakukan Strategi Ini min

Penjualan Di Whatsapp Menurun? Lakukan Strategi Ini – Tingkat persaingan di bisnis online berubah ubah seiring berkembangnya teknologi serta jumlah pengguna yang menggunakan nya, termasuk juga persaingan di bisnis menjadi terpengaruh. Penjualan di WhatsApp menurun bisa terjadi, perlu melakukan adaptasi sehingga calon pembeli tetap memutuskan untuk membeli kepada kita.

Persaingan bisnis dan perilaku konsumen kadang tidak dapat kita prediksi dan tidak dapat kita atur sebagaimana keinginan, namun kita bisa melakukan beberapa hal yang secara umum terbukti meningkatkan penjualan online. Terutama penjualan online yang mengandalkan percakapan atau chatting di aplikasi WhatsApp, penjualan yang menggunakan chatting terlebih dahulu sebenarnya memiliki kelebihan yaitu lebih fleksibel dan dapat menambah atau mengurangi trik marketing agar penjualan meningkat.

 

Kamu bisa coba praktekkan beberapa langkah yang terbukti meningkatkan penjualan apabila penjualan di WhatsApp menurun, coba lakukan strategi seperti ini:

1.       Hubungi Kontak Lama

Tidak semua orang yang membeli kepada kita harus merupakan orang yang baru, potensi penghasilan juga ada pada orang yang sebelumnya pernah membeli kepada kita atau dikenal dengan nama reorder. Pelanggan yang lama bisa jadi bukannya tidak membutuhkan, melainkan karena banyaknya terdapat toko online dan juga kesibukan sehari-hari maka toko online milik kita tidak sempat teringat.

Apabila hal sudah lama tidak melakukan kontak dengan pembeli tersebut, saatnya kita menggunakan para kontak lama ini untuk meningkatkan penjualan. Penjualan yang menurun di WhatsApp mungkin dikarenakan berkurangnya jumlah kontak yang kamu coba beri penawaran. Jangan ragu untuk melakukan hal ini, karena kalau barang/jasa kita berkualitas kebetulan bertemu dengan konsumen yang membutuhkan maka akan terjadi transaksi jual beli di sana.

2.       Beri Pesan Bahwa Anda Meningkatkan Kualitas

Langkah pertama untuk membuat ini berhasil adalah pastikan dulu kualitas dari yang kita jual memang benar-benar sudah meningkat dan tidak akan mengecewakan, terutama kontak dari pembeli yang sudah lama. Mereka mengetahui kualitas pelayanan dan juga produk toko online kita, sehingga apabila tidak memiliki kelebihan dibandingkan waktu itu maka rencana ini tidak akan membuahkan hasil yang baik.

Selain dari kualitas produk, yang perlu diperbaiki juga adalah cara untuk memberitahukan kualitas dari toko online kita. Yaitu tulisan pesan yang dikirim, emoticon, kecepatan menjawab, dan juga tips rahasianya adalah beritahukan bahwa produk nantinya akan dikemas dengan lebih baik dan juga dipastikan aman saat dibawa kurir jasa ekspedisi.

3.       Beri Diskon

Penawaran yang sangat menarik bukan hanya ditampilkan dari kualitas produk, melainkan juga harga dari produk tersebut. Barang yang sama bisa menjadi lebih laris di toko lain karena terdapat diskon, hal yang sama bisa Anda coba praktekkan pada toko milik Anda.

Diskon merupakan salah satu teknik yang paling sukses dalam meningkatkan penjualan, apalagi akan menjadi sangat penting apabila anda menjual barang yang bisa kadaluwarsa. Barang yang hampir kadaluwarsa harus dijual secepatnya agar tidak menimbulkan kerugian. Mungkin selain diskon yang dapat menyaingi adalah ongkos kirim gratis, merupakan daya Pikat solusi dari penjualan di WhatsApp yang menurun.

4. Maksimalkan traffic yang ada

Bila anda masih memiliki traffic atau konsumen yang jumlahnya kecil maka anda bisa meningkatkan penjualannya. Dari semua orang yang mengkontak anda tentu saja tidak semua membelinya yakan? Nah jadi anda bisa memaksimalkan mereka. Orang orang yang belum membeli tersebut di jadikan dia mau membeli. Atau biasa di sebut juga adalah meningkatkan closing rate.

Untuk meningkatkan closing rate yang bisa anda lakukan adalah memfollow up customer anda tersebut. Mengedukasi tentang manfaat produk anda hingga beberapa hari. Karena kadang customer tidak langsung closing di hari pertama. Bisa saja closingnya setelah hari ke 7. Maka dari itu anda harus follow up sampai hari ke 7 bila anda mau.

Untuk melakukan follow up ini, anda bisa menggunakan aplikasi software pesen online yang bermanfaat untuk memfollow up customer. Aplikasi ini terhubung dengan api whatsapp business yang mengirimkan notifikasi secara realtime. Selain itu anda juga bisa membuat bot auto reply, broadcast dan masih banyak fungsi yang lainnya.