Lampu Tenaga Surya Tahan Lama

30

Lampu yang tak perlu menggunakan aliran listrik dari rumah itu sangatlah keren, karena pada proses instalasinya tak akan membuat kita kesusahan. Belum lagi kita tak memerlukan biaya listrik yang harus dibayar setiap bulannya.

Lampu tenaga surya, begitulah nama dari teknologi solar lamp yang tengah hangat-hangatnya digunakan sebagai kebutuhan rumah tangga maupun komersial.

Secara rata-rata, lampu tenaga surya hanya mampu bersinar antara 6 hingga 8 jam. Akan tetapi kita bisa membuatnya menyala lebih daripada itu dengan beberapa cara berikut ini.

Letakkan Lampu atau Panel Surya di Area yang Pas

Karena lampu ini mendapatkan gizinya dari paparan sinar matahari, maka penting bagi kita untuk menempatkannya di area yang sangat terang.

Semakin lama panel surya tersebut berada di bawah sinar matahari, maka semakin banyak daya yang bisa diterimanya.

Itu artinya, semakin lama pula lampu tenaga surya menyala di malam hari.

Bersihkan Panel Surya

Ketika lampu tenaga surya tidak bekerja seefisien dulu, maka disarankan untuk mencoba membersihkan panelnya.

Biasanya suka ada banyak debu yang menempel sehingga mengurangi penyerapan sinar matahari secara nyata.

Isi Daya Sebelum Digunakan

Ini dilakukan di awal-awal ketika kamu baru saja membeli lampu tenaga surya. Jika bisa, chas dulu setidaknya 12 hingga 14 jam dengan cara menempatkannya di bawah sinar matahari secara langsung.

Dikarenakan tidak mungkin matahari ada di atas kepala selama 12 apalagi 14 jam secara terus-menerus, maka kamu butuh sekitar 2 hari untuk mengisi dayanya sebelum digunakan.

Itupun jika misalnya cuaca di hari tersebut sangatlah terang. Apabila cuaca mendung, mungkin kamu butuh hingga lebih dari 2 hari hingga akhirnya dapat menikmati sinarnya yang terang.

Jangan Dekatkan di Lampu Lainnya

Sensor cahaya yang mendeteksi tingkat cahaya di sekitarnya secara otomatis dapat menyalakan dan mematikan lampu tenaga surya itu sendiri.

Itu berarti, lampu dapat secara otomatis menyala saat malam dan mati saat fajar menjelang.

Namun jika ada sumber cahaya lain di dekatnya, maka lampu tenaga surya mungkin tak akan berfungsi dengan baik akibat sensornya yang merasa kebingungan.