Ketika Handphone OPPO Nyemplung ke Dalam Air

30

Air bersih yang mengalir begitu indah dan nampak menyegarkan bisa berubah menjadi racun saat masuk ke dalam handphone OPPO kita.

Air tersebut akan masuk melalui port, jack, dan speaker. Tak berhenti sampai di sana, air pun akan terus mengalir hingga ke sirkuit. Hasilnya, air akan bertindak sebagai konduktor dan membawa arus listrik yang membebani ponsel dengan energi, kemudian menggoreng papan sirkuit secara cepat tanpa ampun.

Sudah tak perlu dielakkan lagi bahwa air merupakan musuh alami dari ponsel kita, karena sebagai perusak nyata sebersih apapun cairan tersebut.

Hampir semua barang elektronik tak mampu bertahan berada di dalam air, sehingga sebagian besar darinya mengalami kerusakan hanya dalam kurun waktu kurang dari satu jam saja.

Tapi di saat yang bersamaan, kita masih bisa menyelamatkan handphone OPPO kita jika melakukan penanganan yang cepat dan tepat.

Bisa dibilang oppotutorial ini menjadi hal yang wajib kamu ketahui sebelum kejadian tersebut terjadi pada diri kita, sebagai upaya pencegahan.

Soalnya, nasi akan keburu menjadi bubur jika kamu sibuk mencari tutorial pada saat kejadian sudah berlangsung, karena detik-detik pertama setelah HP nyemplung ke dalam cairan itu bisa menentukan apakah handphone OPPO kamu berhasil diselamatkan atau tidak.

Jadi, pastikan hafalkan beberapa langkah ini sebagai upaya pencegahan dan perbaikan untuk berjaga-jaga jikalau HP kamu atau teman kamu mengalami hal apes tersebut.

  1. Segera matikan dan bongkar handphone.
  2. Lap bersih menggunakan kain mikrofiber. Jika bisa, gunakan sarung tangan anti air saat pembersihan dilakukan.
  3. Lepaskan baterai, kartu SIM, dan headphone jika masih terpasang.
  4. Keringkan ponsel sekering mungkin.
  5. Dudukan telepon dengan posisi tegak jika baterai handphone tak bisa dilepaskan.
  6. Berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar HP kesayangan tidak mati secara permanen.

Di saat yang bersamaan, ada isu-isu yang harus kamu hindari sepenuhnya. Misalnya, jangan mengeringkan handphone OPPO kamu di dalam microwave, jangan memasukkan ke dalam freezer, hindari penggunaan pengering rambut, dan lain sebagainya.

Keenam langkah di atas sebenarnya sudah cukup untuk dilakukan. Sekalipun ada mitos bahwa mengubur handphone di dalam beras bisa mengubah segalanya, tetapi penelitian menunjukkan bahwa air yang bisa diserap oleh beras tersebut hanya 13% saja. Itu berarti kurang begitu efektif untuk dilakukan.