Cegah Iritasi, Begini Cara Mudah Menjaga Kelembaban Kulit Bayi

Cegah Iritasi Begini Cara Mudah Menjaga Kelembaban Kulit Bayi

Iritasi bisa terjadi kapan saja pada kulit bayi, terutama pada bayi yang baru lahir. Penting sekali untuk menjaga kulit bayi dan melakukan perawatan sebaik mungkin agar selalu lembab dan terhindar dari iritasi. Penggunaan produk perawatan kulit yang tepat akan sangat membantu menjaga kulit tetap lembab dan sehat. Seperti produk Sebamed yang diformulasikan khusus untuk kulit lembut bayi.

Menjaga Kelembaban Kulit Bayi

Punya tipe kulit yang masih sangat sensitif membuat si kecil rentan terkena iritasi. Sebaiknya orang tua tetap berhati-hati dalam menjaga agar kulit bayi selalu sehat salah satunya dengan merawat kelembaban kulit. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan demi merawat kulit si kecil selalu lembab:

1. Jangan Mandi Terlalu Sering

Tips pertama, upayakan untuk tidak mandi terlalu sering atau terlalu lama. Terlalu sering kontak dengan air bisa menyebabkan kulit bayi kering dan iritasi. Bayi belum membutuhkan intensitas mandi yang terlalu sering. Bahkan tak perlu mandi setiap hari demi menjaga kelembaban kulitnya. Cukup mandi dua sampai tiga hari sekali saja agar terhindar dari iritasi.

2. Pilih Sabun yang Tepat

Gunakan sabun yang tepat untuk membersihkan tubuh si kecil. Pilihlah sabun yang memang dipakai untuk bayi newborn. Lebih disarankan untuk membaca pH dan komposisi bahan yang digunakan. Pastikan bahwa produk sabun tersebut bisa menjaga kelembaban serta tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

3. Gunakan Krim Pelembab

Agar kulit bayi selalu terjaga lembab maka pakailah krim pelembab. Ada banyak pilihan produk krim pelembab yang bisa diaplikasikan pada bayi. Pakailah krim pelembab tersebut setiap hari untuk menjaga kelembabannya. Salah satu produk krim bayi yang bisa dicoba adalah Sebamed. Formulanya lembut dan cocok untuk kulit sensitif bayi.

4. Pastikan Bayi Tidak Dehidrasi

Sangat penting memastikan bayi Anda tidak dehidrasi. Cukupi kebutuhan cairan tubuh si kecil dengan memberinya ASI yang banyak. Sumber cairan utama bayi baru lahir adalah ASI. Oleh sebab itu pastikan Anda memberikan ASI dalam jumlah mencukupi. Jika ibu berhalangan memberi ASI maka bisa digunakan susu formula untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut.

5. Berjemur Secukupnya

Bayi biasanya disarankan untuk berjemur namun pastikan untuk tidak berlebihan menjemur bayi. Terlalu banyak paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi. Jangan lupa, sebelum berjemur aplikasikan tabir surya khusus untuk si kecil dan batasi waktu berjemur kurang lebih 5-10 menit saja. Berjemur juga harus di waktu yang tepat, jangan di atas jam 9 pagi karena terlalu panas.

Anda bisa mempercayakan perawatan kulit bayi pada produk Sebamed. Tersedia beberapa varian produk Sebamed yang bisa diandalkan untuk menjaga kelembaban serta kesehatan kulit si kecil. Anda bisa beli perlengkapan bayi seperti krim pelembab dan aneka produk lainnya di toko offline maupun online.