Cara mengatasi ATM terblokir tanpa harus ke BANK

30

Pemblokiran kartu atm bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya lupa PIN kartu ATM sehingga salah memasukkannya saat hendak melakukan transaksi. Sayangnya, ATM kamu akan terblokir jika salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut. Atau dalam kasus lain, kartu ATM kamu dipakai oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

Sebelum mendatangi bank terkait, coba hubungi call center bank yang bersangkutan untuk membantu mengaktifkan kembali kartu ATM kamu. Namun ingat, cara mengurus ATM yang terblokir ini hanya bisa dilakukan kalau kamu ingat PIN yang benar.

:Cara mengatasi ATM terblokir tanpa harus ke BANK:

  • Siapkan data diri seperti nomor rekening, nomor kartu ATM yang tidak bisa kamu pakai tersebut, hingga nomor ktp(Kartu Tanda Penduduk). Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu memang pemilik rekening dengan kartu ATM yang tidak dapat kamu gunakan.
  • Hubungi nomor call center bank yang bersangkutan dan pastikan tujuannya sudah tepat.
  • Setelah terhubung, sampaikan keluhan dan masalah kamu sedetail mungkin agar customer servicebisa paham dan lebih mudah untuk membantu menyelesaikannya.
  • Customer servicekemudian melakukan pengecekan dan pencocokan data yang kamu miliki dengan yang ada di sistem bank tersebut.
  • Bila semua data sudah sesuai, customer serviceakan bertanya apakah kamu masih ingat PIN yang benar sebelum kartu ATM ini tidak bisa digunakan. Namun, kamu tidak perlu menyebutkan berapa PIN yang seharusnya.
  • Kalau kamu ingat, kartu ATM biasanya sudah bisa kamu pakai kembali dengan pin kartu atm
  • Proses ini umumnya tidak akan memakan waktu lama. Bahkan, pembukaan blokir kartu ATM akibat memasukkan PIN yang salah sudah bisa kembali di hari yang sama saat kamu menelepon call center 

Meski terlihat cukup mudah, sayangnya tidak semua bank memiliki fasilitas pembukaan blokir kartu ATM hanya melalui telepon. Beberapa bank mungkin meminta kamu untuk datang langsung ke bank tempat pembuatan rekening dan kartu ATM.