cara melihat hasil screenshot di laptop

Screenshot 30

Cara melihat hasil screenshot di laptop sangatlah mudah. Salah satu fitur yang sering digunakan pengguna laptop adalah cara screenshot atau melakukan jepretan di layar laptop kamu. Screenshot merupakan gambar tampilan layar yang ditangkap dari layar monitor, seperti komputer, tablet PC, dan smartphone.

Usai menekan tombol PrintScreen di keyboard, kamu mungkin bertanya-tanya, dimana bisa melihat gambarnya? Tidak seperti ponsel Android dimana gambar screenshot tersimpan secara otomatis, screenshot di komputer Windows memiliki mekanisme yang sedikit berbeda.

Fitur screenshoot pada laptop sangat bermanfaat untuk kebutuhan tertentu seperti menyimpan dokumen online dalam bentuk image, menangkap gambar pada sebuah video dan lain sebagainya. Banyak pengguna yang merasa terbantu dengan adanya fitur print screen seperti ini. Apalagi bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan menekan tombol keyboard, pengguna bisa melakukan screenshoot di laptop tanpa aplikasi kemudian langsung bisa melihat hasil print screen atau screenshoot tersebut di dalam folder penyimpanan.

Melihat hasil screenshot menggunakan Paint

  1. Pertama, buat screenshot dengan menekan tombol PrintScreenuntuk PC dan Fn+PrintScreenuntuk laptop & notebook. Kamu juga dapat mengambil screenshot pada jendela aktif dengan kombinasi Alt+PrintScreen atau Alt+Fn-Printscreen.
  2. Selanjutnya, buka menu Start, cari Paintdan jalankan programnya.
  3. Pastehasil screenshot atau tekan Ctrl+V.
  4. Hasil screenshot akan muncul. Kamu boleh melakukan beberapa pengeditan kecil lewat Paint jika perlu
  5. Klik File > Save.
  6. Tentukan lokasi penyimpanan, beri nama, pilih format gambar, dan tekan Save.

Sebagai alternatif, hasil screenshot pada dasarnya dapat dilihat di banyak program lain, seperti Paint 3D, Photoshop, hingga Microsoft Office. Caranya hanya dengan Paste (Ctrl+V) di salah satu program tersebut.

Namun Paint bisa jadi opsi universal mengingat ia tersedia di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Cara lainnya dengan memanfaatkan fitur penyimpanan otomatis setelah screenshot dibuat. Sehingga tidak perlu dimediasi oleh ekstra program seperti Paint untuk melihat hasilnya.

Untuk membuat screenshot yang tersimpan otomatis, tekan tombol Windows+PrintScreen (untuk laptop mungkin perlu melibatkan tombol Fn). Untuk sesaat layar akan tampak redup, tandanya screenshot sudah diambil.

Untuk melihat hasil screenshot, silakan menuju File Explorer > Pictures > Screenshots.