Berikut Daftar Makanan Sehat yang Mencegah Kamu Terkena Penyakit

18

Jadikan makanan sebagai obat sebelum obat menjadi makananmu, begitulah apa yang dikatakan oleh orang bijak mengenai kesehatan.

Itu artinya, kita tak boleh sembarangan dalam memilih makanan karena mereka tak dibuat setara. Menurut www.willoughbybrewing.com menuliskan melalui postingannya bahwa ada beberapa diantaranya yang bisa menyehatkan, dan ada pula diantaranya yang dapat mengundang penyakit.

Beberapa yang berbahaya diantaranya berupa makanan olahan, fast food, dan junk food yang biasanya mengandung gula, garam, dan lemak jenuh dengan kadar berlebih.

Gula jika dimakan berlebihan akan mengakibatkan diabetes, garam menyebabkan darah tinggi, dan lemak bisa memicu serangan jantung.

Sebaliknya, beberapa makanan berikut dapat menjadi obat yang lezat, sehingga kamu tak perlu dilarikan ke rumah sakit jika senantiasa memiliki gaya hidup dan pola makan berikut ini:

  • Serat, bagian penting dari diet sehat yang meningkatkan kesehatan pencernaan sekaligus menjaga agar bakteri di usus tetap pada porsinya.
  • Protein, mampu mengenyangkan perut lebih lama sehingga mencegah kita makan berlebih dan terhindar dari obesitas.
  • Vitamin dan Mineral, sekalipun kita hanya membutuhkannya dalam porsi super kecil, akan tetapi tetap berperan dalam menjaga agar semua organ kita bekerja dengan semestinya.
  • Senyawa Tanaman, salah satu alasan kenapa sayuran dianggap menyehatkan karena memiliki senyawa tanaman. Misalnya antioksidan yang mampu menjaga sel tubuh dari radikal bebas, sehingga kemungkinan terkena penyakit menjadi rendah.

Selain keempat nutrisi di atas, ada 3 varian lagi yang tak boleh kita hilangkan, yakni karbohidrat, lemak, dan air. Tanpanya, tubuh kita tak akan bisa bertahan lama dan bahkan mati.

Namun perlu dicatat bahwa karbohidrat memiliki kualitas yang berbeda, yang mana dinilai dengan ukuran Glikemik. Semakin tinggi nilainya, maka kualitasnya akan semakin rendah.

Sebut saja nasi putih dan roti putih yang memiliki indeks glikemik tinggi dan bisa merusak tubuh kita jika tak dijaga asupannya. Alternatifnya, coba pilih nasi merah dan roti gandum utuh karena mengandung serat yang melimpah dan bisa menjadi pengganti karbohidrat.

Untuk alasan ini jugalah para penderita diabetes dilarang makan nasi putih karena karbohidrat berindeks glikemik tinggi tersebut akan diubah menjadi gula dengan sangat cepat, dan mengakibatkan lonjakan insulin di dalam tubuh.

Sementara lemak harus memilih varian ‘tak jenuh’ yang bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan, daging ayam tanpa kulit, serta ikan berlemak seperti tuna.