Beberapa Cara Untuk Mengatasi Keputihan dengan Bahan Alami

beberapa cara untuk mengatasi keputihan dengan bahan alami

Keputihan adalah salah satu masalah kesehatan yang mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada organ kewanitaan, ini disebabkan oleh keluarnya cairan berwarna putih atau kekuningan dari vagina karena peningkatan hormon estrogen.

Beberapa wanita mungkin mengalami datangnya keputihan ini pada saat sebelum atau sesudah siklus menstruasi, sebenarnya ini suatu siklus yang alami, cukup dengan sedikit pelumasan untuk menjaga daerah kewanitaan Anda tersebut tetap lembab.

Adapun timbulnya cairan keputihan yang berlebihan mungkin ini perlu perawatan ekstra agar tidak menjadi sesuatu yang membahayakan. Kebanyakan wanita menganggapnya ini sebagai masalah biasa tetapi terkadang keputihan yang berlebihan dapat menyebabkan banyak penyakit dan kelemahan pada tubuh.

Berikut ini sekian banyak diantara beberapa penyebab timbulnya keputihan, antara lain:

  • Kelebihan mengkonsumsi produk susu dan produk manis lainnya
  • Merasa tertekan/stress
  • Kebersihan yang buruk
  • Sembelit
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Aborsi

Berikut ini beberapa tanda atau gejala Keputihan yang wajib Anda ketahui, antara lain adalah:

  • Keputihan berwarna putih atau kuning muda
  • Nyeri di perut bagian bawah dan daerah punggung bawah
  • Sering merasa kelelahan
  • Sembelit
  • Sakit kepala
  • Kurang nafsu makan

Ada beberapa cara mengatasi keputihan dengan metode pengobatan secara alami, menggunakan bahan-bahan rumahan yang mudah didapat. Mari kita lihat pengobatan rumah untuk keputihan secara detailnya yaitu:

1. Biji Fenugreek:

Biji fenugreek mengandung komponen khusus yang membantu menjaga tingkat estrogen dan keseimbangan Ph di area vagina. Penggunaan secara teratur dapat mengobati berbagai masalah seperti sembelit, gangguan kulit, dan keputihan juga.

Ambil 1 sendok makan biji fenugreek dan rendam dalam air selama semalam dan keesokan paginya saring airnya dan minumlah saat perut kosong. Untuk mengurai rasa pahitnya bisa juga di campur dengan madu.

2. Pisang:

Pisang dapat membantu mengatasi keputihan karena kaya akan kandungan potasium, mangan, dan mineral serta nutrisi lainnya. Makanlah 1 atau 2 buah pisang secara teratur, terutama jenis pisang yang kulitnya memiliki bintik-bintik coklat.

3. Delima:

Buah delima ataupun daunnya semuanya bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit keputihan. Caranya yaitu dengan meminumnya 1 atau 2 gelas jus delima segar secara teratur.

Delima adalah sumber kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin A, dan mineral serta komponen lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu buah delima juga kaya akan antioksidan, dengan mengkonsumsinya secara teratur dapat mengobati berbagai masalah kesehatan.

4. Jus Cranberry:

Jus cranberry kaya dengan antioksidan dan memiliki sifat anti-bakteri, ini merupakan salah satu minuman alami terbaik untuk menyembuhkan penyakit keputihan. Minumlah 1 atau 2 gelas jus cranberry tanpa menambahkan gula secara teratur setiap hari.

Untuk menjaga kesehatan serta menghindari agar keputihan yang datang tidak menjadi bertambah berat maka disarankan untuk melakukan diet terhadap gula.