Cara Efektif Untuk Atasi Ibu Jari Terkilir

atasi ibu jari terkilir

Ibu jari kadang juga bisa mengalami rasa nyeri. Ada banyak penyebab yang bisa memunculkan rasa nyeri pada jari. Mulai dari keluhan osteoarthritis hingga tendinitis. Namun kadang penyebab nyeri pada ibu jari juga bisa efek dari terkilir. Untuk keluhan semacam ini, berikut adalah cara atasi ibu jari terkilir yang mudah untuk Anda lakukan.

Keluhan nyeri pada jari sebaiknya segera untuk Anda atasi. Menundanya bisa menyebabkan aktivitas Anda terganggu karena jari memiliki peran sangat besar dalam aktivitas harian Anda. Dan bila keluhan yang Anda alami berkaitan dengan efek terkilir, Anda bisa atasi keluhan tanpa harus menggunakan obat obatan yang sulit Anda dapatkan.

Apa Yang Terjadi Saat Ibu Jari Terkilir?

Terkilir atau keseleo adalah kondisi robeknya ligamen yang terjadi akibat peregangan yang berlebihan. Bisa terjadi akibat Anda menggunakan ibu jari untuk gerakan yang tidak sesuai dengan kekuatan dan kemampuan gerak ibu jari Anda.

Akibatnya ligamen pada ibu jari tertarik berlebihan dan  menyebabkan robekan pada area ligamen yang berkaitan. Ini akan menyebabkan rasa nyeri yang cukup kuat, pembengkakan bahkan peradangan akibat luka robekan yang tidak teratasi. Juga dapat menyebabkan ibu jari tidak dapat bergerak dan menahan beban sebagaimana mestinya.

Kasus ibu jari terkilir sebenarnya relatif jarang terjadi. Karena tidak banyak aktivitas gerak dari ibu jari yang mungkin menyebabkan robekan. Biasanya, robekan ligamen terjadi akibat Anda jatuh, tertekan, membawa beban berat dan cedera lain.

Robekan bisa terjadi relatif kecil dan ringan sehingga ibu jari masih mungkin bergerak dalam skala ringan. Namun kadang robekan bisa jadi cukup lebar. Sementara tulang pada ibu jari sudah tentu berukuran kecil. Terutama bila Anda bandingkan dengan ukuran tulang lain.

Akibatnya robekan ligamen yang besar akan menyebabkan jari sangat sulit bergerak dan disfungsi sama sekali. Karena tulang yang berukuran kecil tidak cukup kuat menopang fungsi ibu jari sepenuhnya.

ibu jari terkilir 1

Cara Atasi Ibu Jari Terkilir

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk cara atasi ibu jari terkilir. Ini terkait dengan langkah pertolongan pertama yang harus Anda lakukan ketika cedera terjadi. Dan kedua adalah terapi yang Anda berikan untuk ibu jari pasca beberapa hari cedera terjadi.

Langkah Pertolongan Pertama

Yang harus Anda lakukan tepat setelah saat cedera terjadi adalah dengan mengistirahatkan ibu jari. Letakan telapak tangan Anda pada benda datar dan sangga ibu jari Anda supaya tidak tegang dan kaku.

Segera gunakan kompres es batu sesegera mungkin untuk memberi pertolongan pertama.Lakukan dengan membungkus es batu dalam kain dan letakan pada area nyeri ibu jari. Jangan Anda tekan, cukup tempelkan setidaknya selama 10 – 20 menit pertama.

 Ini demi mencegah luka atau robekan dalam ligamen melebar dan perdarahan terus terjadi. Pertolongan ini akan mencegah luka ligamen melebar dan mencegah pembengkakan dan memar terjadi.

Setelah Anda mengompres area nyeri di ibu jari dengan es batu, saatnya membungkus area jempol ini supaya terjadi kompresi atau tekanan. Tekanan ini akan berfungsi menahan robekan agar tidak goyang dan melebar. Juga membantu mencegah pembengkakan dan membantu menyatukan kembali area robekan supaya dengan cepat terjadi proses penyembuhan.

Langkah Perawatan

Setelah Anda melakukan pertolongan pertama, saatnya meneruskan proses untuk atasi ibu jari terkilir ini, Anda harus terus melakukan perawatan pada area cedera supaya area yang keseleo bisa segera sembuh. Pastikan selama masa ini Anda tetap menahan area terkilir dengan perban elastis supaya kompresi tetap berjalan.

Terapi anti radang dan mengonsumsi multivitamin akan cepat membantu mempercepat proses perbaikan pada ibu jari. Anda bisa tambahkan olesan kencur yang dihaluskan atau minyak bawang putih sebagai terapi herbal yang efektif membantu mempercepat atasi ibu jari terkilir.

Ada banyak penyebab terjadinya cedera ibu jari dan setiapnya memiliki tips pengobatan masing masing. Cara atasi ibu jari terkilir di atas hanya satu di antaranya. Jadi, perhatikan dulu apa cedera ibu jari yang Anda alami.