Apa yang Dimaksud Sumber Daya Alam

29

Segala sesuatu yang ada di alam dan dapat kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari bisa kita sebut sebagai Sumber Daya Alam.

Namun dikarenakan setiap manusia memiliki batasan dalam berkelompok dan bernegara, maka masing-masing SDA tersebut pun tentunya harus dikelola oleh mereka yang memiliki wewenang di area tersebut.

Jadi tak heran jika zaman dulu perebutan kekuasaan kerap kali terjadi hingga menimbulkan peperangan.

Sebut saja Belanda yang senantiasa mencoba mengeruk kekayaan Indonesia berupa rempah-rempah untuk mereka jual dan pergunakan di wilayah Eropa.

Tentunya invasi mereka tersebut menimbulkan banyak sekali korban yang memang seharusnya menjadi hak milik warga Indonesia.

Sumber Daya Alam sendiri dapat dibagi menjadi ke dalam 2 kategori yang berbeda, yakni SDA hayati dan SDA non-hayati.

Contoh dari SDA hayati adalah yang datang dari makhluk hidup, seperti misalnya ayam, kambing, sapi, teh, kopi, coklat, rempah-rempah, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, SDA non-hayati berasal dari hal-hal yang tak memiliki nyawa, yang mana meliputi gas, minyak bumi, dan lain sebagainya.

Tak perlu dielakkan pula bahwa beberapa negara dianggap kaya jika memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah.

Namun anehnya, setiap negara yang memiliki banyak SDA malah masyarakatnya selalu berakhir miskin.

Pada tahun 1993, akhirnya seorang peneliti bernama Richard Auty menyebut fenomena tersebut sebagai “Resource Curse” yang berarti kutukan sumber daya alam.

Setelah penelitian yang panjang, akhirnya nampak sebuah jawaban dari keanehan fenomena tersebut, yang mana disebabkan oleh negara yang hanya berfokus pada penjualan bahan mentah dari SDA yang mereka hasilkan, sehingga lapangan pekerjaan pun cuman ada di sekitaran sektor SDA yang mereka hasilkan saja.

Jadi, kembali ke pertanyaan sebelumnya, Apa yang dimaksud Sumber Daya Alam?

Jawabannya pun cukup mudah dan simple saja, yaitu segala sesuatu yang ada tanpa ada tindakan dari manusia, dan bisa kita gunakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Indonesia tentunya termasuk ke dalam negara dengan kekayaan SDA yang begitu melimpah. Namun, apakah kita termasuk ke dalam kategori “Resource Curse” yang disebutkan oleh Richard Auty? Mudah-mudahan tidak ya!