Agar Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak Dapat Dirasakan, Ikuti Jenis Olahraga Terbaik di Bulan Puasa Berikut

Agar Manfaat Olahraga Bagi Anak Anak Dapat Dirasakan Ikuti Jenis Olahraga Terbaik di Bulan Puasa Berikut

Kesehatan tubuh merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dengan baik oleh semua orang, termasuk anak-anak. Manfaat olahraga bagi anak-anak salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sebelum melakukan olahraga, terutama ketika sedang berpuasa, sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja agar tidak membatalkan puasa.

Di bulan puasa, olahraga tetap menjadi aktivitas yang membuat kondisi tubuh tetap prima dan segar. Saat berolahraga di bulan puasa, lakukan jenis olahraga yang ringan karena tidak terlalu menguras tenaga.

Banyak jenis olahraga yang dapat diterapkan di bulan puasa. Tentunya cukup disesuaikan dengan keinginan individu masing-masing saja. Bagi yang memerlukan referensi, berikut jenis olahraga yang bisa dicoba saat bulan puasa :

1. Jogging atau treadmill ringan

Jogging bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin olahraga di bulan puasa. Begitu juga untuk anak-anak. Hanya saja lakukan jogging dengan intensitas ringan supaya tidak terlalu menguras tenaga.

Jogging dapat dilakukan beberapa jam setelah sahur di pagi hari atau bahkan saat menjelang berbuka puasa di sore hari. Jogging yang dilakukan di pagi hari membuat kita tidak terlalu lelah karena asupan energi masih banyak.

Lakukan jogging ringan setidaknya 20 hingga 30 menit agar kebugaran tubuh ketika berpuasa tetap terjaga. JanganĀ  melakukan aktivitas olahraga ini secara berlebihan karena membuat tubuh jadi dehidrasi.

2. Bersepeda

Bersepeda juga menjadi jenis olahraga alternatif terbaik yang dapat dilakukan ketika sedang beribadah puasa. Bersepeda ketika berpuasa bisa dilakukan pagi hari ataupun setelah subuh agar energi tidak terlalu terkuras.

Pilihlah jenis sepeda yang pas agar tubuh tidak terbebani. Kami sarankan memilih jenis sepeda statis maupun dinamis karena lebih bagus untuk tubuh dan cocok untuk menghemat tenaga saat bersepeda.

Lakukan aktivitas olahraga ini setidaknya selama 45 menit supaya kebugaran tubuh dapat terjaga dengan baik. Bersepeda 45 menit membantu tubuh membakar 300 kalori untuk wanita. Sedangkan pria sebanyak 350 kalori.

3. Bowling

Bowling termasuk jenis olahraga populer yang condong ke bentuk permainan sederhana yang dapat dimainkan di dalam ruangan. Olahraga ringan ini membantu seseorang menjadi rileks dan berstamina ketika berpuasa.

Bowling termasuk jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan saat berpuasa. Kita bisa memainkan bowling ketika sedang menunggu waktu berbuka puasa. Atau saat pagi hari ketika tubuh masih penuh dengan energi.

Tentunya harus menjaga keseimbangan gerak tubuh supaya stamina tetap terjaga sampai berbuka. Untuk anak-anak, pilihlah bola yang ringan agar anak mulai terbiasa dengan olahraga ini.

Manfaat olahraga bagi anak-anak memang sangat tinggi sehingga anak perlu memperhatikan aktivitas ini dengan baik. Tidak perlu berolahraga setiap hari. Namun pastikan setidaknya berolahraga 3 kali seminggu.