6 Penyebab Malnutrisi pada Lansia yang Harus Diwaspadai

6 Penyebab Malnutrisi pada Lansia yang Harus Diwaspadai

Daftar isi konten

Penyebab malnutrisi berbeda-beda terutama kepada lansia yang telah melewati waktu produktifnya. Kebanyakan dipengaruhi juga oleh kebiasaan makan harian,  asupan gizi, aktivitas setiap hari, serta penyakit yang diderita,

Berbagai Penyebab Malnutrisi

Malnutrisi adalah  kondisi dimana ketika jumlah gizi tidak sesuai dengan kebutuhan harian. Seringkali dapat berakibat mengganggu kesehatan mereka yang menderita malnutrisi. Terutama lansia, yang biasa dikenali ada penurunan berat badan serta kemudian menderita beberapa penyakit.

Kendati demikian dalam kasus yang amat jarang terjadi lansia yang menderita malnutrisi dapat terlihat memiliki berat badan yang yang ideal.  padahal asupan gizinya tidak mencukupi. Hal inilah yang perlu diwaspadai oleh orang sekitarnya.  Biasanya ini terjadi karena kurangnya asupan vitamin atau mineral.

Penyebab malnutrisi pada lansia beranekaragam. Walaupun sebagian besar adalah karena mereka mengalami kesulitan makan sehingga selera dan frekuensi mengkonsumsi makanannya menurun.

Masalah Kesehatan

Penyebab pertama malnutrisi pada lansia adalah adanya masalah kesehatan dimana seringkali lansia kemudian mengalami kesulitan makan. Gejalanya biasanya mual, muntah,  nafsu makan menurun, serta kesulitan buang air besar.

Ada pula karena penyakit yang dideritanya misalnya radang usus , darah tinggi serta diabetes. Kadang tak jarang juga karena adanya gangguan mental, seperti kecemasan, depresi, serta stres yang dapat mengganggu pola makannya

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Biasanya pada saat lanjut usia lansia memiliki penyakit tertentu yang harus dikontrol dengan menggunakan obat-obatan. Bisa jadi salah satu efek samping dari konsumsi rutin obat adalah kekurangan nafsu makan  atau menurun. Jika ini dibiarkan dalam jangka panjang tentu akan menyebabkan terjadinya malnutrisi.

Kesehatan Gizi

Kesehatan gigi juga merupakan salah satu faktor utama kesulitan makan pada lansia. Sebab bisa jadi sudah mengalami kerapuhan pada gigi sehingga sebagian besar tanggal. Lainnya adalah menggunakan gigi palsu yang tentu saja akan menyulitkan proses mengunyah makanan.

Perubahan Selera

Lansia sering mengalami perubahan selera makan sekarang bisa jadi terkait dengan pantangan yang harus ia jalani karena penyakitnya. Misalnya menderita hipertensi,  tentu saja harus mengurangi konsumsi garam. Hal ini yang inilah yang menyebabkan semua rasa masakan menjadi tidak enak karena tidak sesuai dengan seleranya.

Cacat Fisik

Bisa jadi pada saat usia lansia penyakit yang mulai datang mengakibatkan cacat fisik, misalnya stroke. Dengan demikian dapat membawa dampak panjang yaitu mengalami kesulitan makan. Sehingga bisa memperbesar kemungkinan untuk menderita malnutrisi

Berpenghasilan Rendah

Saat memasuki lansia biasanya juga memasuki tahap pensiun dari pekerjaan. Sehingga seringkali tidak mendapatkan penghasilan yang sebesar pada saat masih aktif bekerja. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu penyebab mengapa asupan gizinya menjadi tersendat.

Setelah mengetahui penyebab malnutrisi pada lansia, segera perbaiki apa yang menyebabkan hal tersebut. Sebab dengan memiliki kesehatan yang baik, maka lansia  akan dapat beraktivitas secara mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.