5 Kandungan Gizi yang Ditemukan pada Jambu Air

Kandungan Gizi yang Ditemukan pada Jambu Air

Beragam buah punya kandungan nilai gizi yang berbeda-beda Setiap buah juga pasti memiliki beragam manfaat sesuai dengan zat gizi yang terkandung di dalamnya. Begitu juga dengan jambu air yang merupakan buah sederhana dengan nutrisi lengkap di dalamnya. Jenis buah ini banyak difavoritkan dan memang kandungan nutrisinya begitu penting bagi tubuh.

Gizi pada Jambu

Buah memang menjadi salah satu sumber nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi rutin. Bahkan meskipun jenis jambu ini tergolong sebagai buah yang sederhana, namun kandungan nutrisinya begitu lengkap. Berikut ini adalah 5 kandungan nutrisi yang bisa ditemui dalam buah jambu:

1. Kalsium

Salah satu kandungan gizi yang terdapat dalam jambu kaya air ini adalah kalsium. Terhitung dalam 100 gram buah jambu terdapat 7,5 mg kalsium yang baik bagi tubuh. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga tulang dan gigi. Konsumsi buah jambu air secara teratur bisa membantu memenuhi kebutuhan kadar kalsium harian dan menjaga tulang serta gigi tetap kuat.

Selain itu kalsium juga punya peran penting dalam menjaga kondisi kesehatan saraf. Asupan kalsium juga akan mengambil peran penting dalam usaha pembekuan darah. Mengingat banyak fungsi kalsium bagi tubuh ini, maka konsumsi jambu air yang mengandung kalsium sangat direkomendasikan bagi Anda.

2. Fosfor

Berikutnya ada fosfor yang juga punya peran penting bagi tubuh. Dalam 100 gram jambu air ini diketahui terdapat kandungan fosfor sebanyak 9 mg. Fosfor dibutuhkan oleh tubuh untuk mengoptimalkan fungsi metabolisme. Tak heran jika konsumsi jambu air ini sangat efektif untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Saat tubuh menerima asupan fosfor yang memadai, maka penyerapan nutrisi oleh tubuh juga akan berjalan baik. Hal ini disebabkan oleh metabolisme dalam tubuh berlangsung dengan lancar. Semakin lancar metabolisme maka penyerapan nutrisi tubuh juga tidak akan menemui hambatan.

3. Zat Besi

Berikutnya ada zat besi yang juga ditemukan dalam buah jambu kaya air ini. Sebanyak 200 gram jambu diketahui memiliki 1,1 mg zat besi yang baik bagi tubuh. Zat besi memiliki peran penting bagi tubuh di antaranya adalah mencegah infeksi, mencegah terjadinya anemia, serta membantu meningkatkan kekuatan otot. Selain itu zat besi juga sangat dibutuhkan untuk memelihara kekebalan tubuh.

Zat besi menjadi salah satu kebutuhan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Apalagi untuk anak-anak yang sedang ada di masa pertumbuhan. Itulah mengapa jambu air bisa jadi pilihan camilan buah yang tepat bagi mereka. Selain bisa menjadi sumber cairan, jambu air juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi anak.

4. Vitamin C

Salah satu zat gizi yang paling banyak ditemukan dalam jambu ini adalah vitamin C. Terdapat 22 mg vitamin C dalam 100 gram jambu. Sebagai sumber vitamin C, jambu ini banyak direkomendasikan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, vitamin C dalam jambu ini juga efektif melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Vitamin C juga diketahui sangat efektif membantu menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Mikronutrien ini dapat membuat tampilan kulit menjadi lebih glowing dan sehat. Fakta ini cukup untuk dijadikan alasan mengonsumsi jambu air setiap hari demi mendapatkan kulit yang sehat dan cerah.

5. Serat

Kandungan gizi berikutnya yang juga ditemui dalam jambu adalah serat. Buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi demi memperlancar percenaan karena memang mengandung serat. Dalam 100 gram buah jambu diketahui terdapat serat sebanyak 3,5 gram. Serat ini akan berperan dalam kelancaran buang air besar dan mencegah gangguan sistem pencernaan.

Konsumsi jambu yang mengandung serat ini sangat direkomendasikan bagi anak-anak saat mengalami gangguan pencernaan. Rasa buah yang enak dan mengandung banyak air akan jauh lebih mudah untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Efektif membantu memperlancar frekuensi buang air besar.

Itulah tadi 5 kandungan gizi penting yang terdapat dalam jambu air. Buah ini mungkin sederhana dan mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Namun meskipun begitu jambu ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga layak dikonsumsi setiap hari.