3 Ciri-Ciri Anak Sehat yang Perlu Orangtua Perhatikan Sejak Dini

3 Ciri-Ciri Anak Sehat yang Perlu Orangtua Perhatikan Sejak Dini

Daftar isi konten

Seringkali timbul kekhawatiran pada hati orang tua apakah anaknya telah mengalami tumbuh kembang dengan optimal atau tidak. Padahal sudah banyak tulisan yang memperlihatkan ciri anak sehat yang sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan serta WHO.

Namun tetap saja Orang tua mengalami kesulitan untuk menentukan apakah anaknya sudah termasuk memenuhi standar tersebut atau tidak. Terlebih lagi jika kemudian membandingkannya dengan anak orang lain yang mungkin saja berbeda keadaannya.

Ciri-Ciri Anak Sehat

Oleh karena itu sebaiknya jangan pernah membandingkan keadaan buah hati ibu dengan yang lainnya. Sebab setiap anak memiliki pertumbuhannya sendiri. Akan jauh lebih baik jika orang tua memperhatikan standar ideal perkembangan anak sesuai dengan Kementerian Kesehatan. Dengan begitu data yang diperoleh dapat lebih sahih

Pertumbuhan Fisiknya Baik

Salah satu indikator apakah putra-putri ibu sudah tumbuh dengan sehat atau tidak adalah memiliki perkembangan berat badan serta pertumbuhan tinggi badan yang sesuai dengan standar ideal Kementerian Kesehatan dan dengan umurnya.

Oleh karena itu pada masa pertumbuhan orang tua disarankan untuk selalu melihat bagaimana berat badan serta tinggi badan buah hati. Dengan demikian jika tidak sesuai dengan standar maka dapat berkonsultasi dengan tenaga ahli untuk mencari dukungan terbaik agar anak tumbuh dengan optimal.

Cukup Istirahat

Anak yang bertumbuh dengan baik tentu mengalami ketertarikan untuk melakukan berbagai macam aktivitas fisik. Kegiatan ini yang pada akhir hari biasanya membuat mereka menjadi sangat lelah sehingga membutuhkan istirahat yang berkualitas.

Anak yang sehat memiliki kualitas istirahat yang baik. Biasanya balita membutuhkan waktu tidur 10 sampai 13 jam. Sementara untuk anak pada usia sekolah membutuhkan 9 sampai 11 jam setiap harinya.

Kekurangan istirahat yang berkualitas menyebabkan anak mengalami gangguan pertumbuhan dan perubahan mood. Kedua hal yang menyebabkan konsentrasinya terganggu.  Segera konsultasikan pada dokter jika anak terlihat gelisah ketika tidur serta memiliki waktu tidur yang jauh lebih lama daripada yang seharusnya.

Emosi yang Stabil

Anak yang memiliki perkembangan optimal biasanya salah satu indikatornya adalah memiliki emosi yang cukup stabil.  Artinya anak tidak mudah marah terlebih lagi tantrum.  Buah hati akan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik tanpa memperlihatkan emosi yang berlebihan seperti menjerit-jerit berteriak atau menangis tanpa sebab.

Dengan kata lain anak yang memiliki perkembangan baik menunjukkan perilaku yang yang sopan serta mentaati etika pada umumnya. Dengan demikian anak pun dapat menjaga diri dari lingkungannya serta mengetahui mana yang baik dan tidak.

Setelah melihat ciri-ciri anak sehat Ini Ibu dapat menentukan apakah buah buah hati telah memenuhi standar tersebut atau tidak berikanlah asupan yang terbaik agar anak selalu mendapat dukungan untuk berkembang secara optimal.